Sekretaris Daerah Kepahiang, Apresiasi Kafilah yang Mengikuti Lomba MTQ Tingkat Provinsi Bengkulu

Sekretaris Daerah Kepahiang, Apresiasi Kafilah yang Mengikuti Lomba MTQ Tingkat Provinsi Bengkulu

Kepahiang, Berita Nusantara.Com-Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Hartono, M. Pd Mengapresiasi Kafilah Kabupaten Kepahiang yang telah mengikuti Lomba  Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Bengkulu, dengan tuan rumah Kabupaten Bengkulu Utara, juga diikuti oleh 34 kafilah dari Kabupaten Kepahiang. Hasilnya, kafilah Kepahiang mendapatkan juara dari berbagai lomba.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda di selah-selah pemberian Reward Secara Pribadi Wakil Bupati H. Zur dinata, S. IP, Rabu (26/06/2024).

Adapun Kafilah Kabupaten Kepahiang yang Mendapat Juara dari 34 Kafilah yang mengikuti lomba dari berbagai kategori sebagai berikut :

Yakni juara 1 cabang perlombaan Seni Baca Alquran. Kemudian Syahril Alquran Putri Juara 3, Fahmil Alquran Putra Juara 2, Fahmil Alquran Putri Juara 3, Karya Tulis Ilmiah Putra Juara 3, dan Karya Tulis Ilmiah Putri Juara 3.

Sementara itu Kabag Kesra Setkab Kepahiang, Devison, S.STP, MAP mengatakan, kafilah Kepahiang yang telah mengikuti MTQ tingkat provinsi belum lama ini mendapat reward dari pribadi Wabup Kepahiang, H. Zurdi Nata, S.IP. Sementara untuk reward dari Pemkab Kepahiang, masih diperjuangkan.

“Kalau dari pak Wabup Zurdi Nata secara pribadi, itu sudah diberikan rewardnya kepada masing-masing kafilah yang berhasil meraih juara ketika MTQ tingkat Provinsi Bengkulu,” Ujar Devison.

Selanjutnya, untuk reward dari Pemkab Kepahiang diwacanakan diberikan juga kepada para kafilah yang mendapatkan juara. “Kalau dari Pemkab, masih kita perjuangkan untuk rewardnya. Kita pun berharap usulan reward yang kita ajukan nantinya bisa disetujui,” demikian Devison.

Untuk diketahui, ada 34 kafilah Kepahiang mengikuti MTQ tingkat provinsi 2024. di Bengkulu Utara. Bahkan untuk mematangkan persiapan, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kepahiang sebelumnya melaksanakan Training Centre atau TC di Masjid Agung Baitul Hikmah.

Bahkan dalam rangka mencari bakat, pada Oktober 2023 lalu Pemkab Kepahiang menggelar MTQ tingkat Kabupaten Kepahiang. Ketika itu ada 8 kafilah dari setiap kecamatan yang ditetapkan sebagai juara umum. Pada saat itu, juga ada puluhan peserta yang ditetapkan sebagai juara dari 8 perlombaan yang dilombakan.

Cabang yang dilombakan pada saat MTQ tingkat Kabupaten Kepahiang akhir tahun lalu di antaranya Cabang Tilawah, Cabang hafalan Al-quran (Hifzil), Cabang syarhil Quran, Cabang Fahmil Quran, Cabang Hadist, Cabang Karya tulis Ilmiah Quran, Cabang Khatt, dan Cabang Tafsir Al-quran.